Rabu, 24 Oktober 2012

Taharah


Thaharah memiliki arti suci atau bersuci .
Thaharah menurut  :               


Air Mutlaq adalah air yang suci dan menyucikan biasanya bersumber dari mata air contohnya : air laut, air sungai, air embun, air gunung, dan lain lain.
Air mutlaq yang tidak menyucikan  adalah air suci yang telah tercampur dengan benda benda yang suci.
Contohnya : air teh, air kopi, air sirup, dan lain lain.
Air mustamal adalah air bekas pakai contohnya rasulullah pernah mandi bekas air yang di pakai bellas istrinya mandi
Air najis adalah air yang apabila kurang dari dua kulah terkena najis maka air tersebut terkemasuk  najis walaupun baik warna maupun bentuknya tidak berubah.
                                      Najis
Objeknya

   Hadas
Cara untuk menghilangkan najis terdapat dua cara yaitu :
1.      dengan cara menghilangkan baunya
2.      dengan cara meenghilangkan warnanya

Najis sendir itu dibagi menjadi tiga yaitu:
1.      najis ringan contohnya air seni bayi laki laki dimana bayi tersebut hanya makan dan minumnya masih dari ASI dan umur bayi tersebut masih kurang dari 2 tahun cara menghilangkannya cukup di basuh atau hanya di ciprat ciprat air yang suci saja.
2.      Najis sedang contohnya air seni bayi perempuan  dimana bayi tersebut hanya makan dan minumnya masih dari ASI dan umur bayi tersebut masih kurang dari 2 tahundimana cara untuk menghilangkan najis tersebut harus di cuci sampai benar benar bersih.
3.      Najis berat contohnya najis dari anjing dimana salah satu anggota tubuh kita terkena liur maupun tubuh dari anjing itu cara menghilangkan najis tersebut harus di cuci sampai 7 kali dan salah satu mencucinya harus menggunakan debu.
Hadas
Hadas adalah apabila seseorang melakukan wudhu namun wudhunya itu batal dikarnakan dia tertidur atau buang angin cara menghilangkan hadas cukup dengan kembali berwudhu.

0 komentar:

Posting Komentar